PJS Wali Kota Cirebon, DR H. Dedi Taufik, MSi (kedua dari kiri) sedang memegang penghargaan Kota Sehat di Gedung Sate, Rabu (11/4).

CIREBONBAGUS.COM- Kembali Kota Cirebon meraih title Kota Sehat atau piala Swasti Saba Wiwerda tingkat Jawa Barat secara berturut-turut selama dua kali.
Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Asisten Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Sosial Pemprov Jawa Barat, Koesmayadi Tatang ke PJS Wali Kota Cirebon, DR H. Dedi Taufik, MSi di Gedung Sate Bandung, Rabu (11/4). Kota Cirebon meraih penghargaan kota sehat Swasti Saba Padapa berturut-turut dari Kementerian Kesehatan akhir 2017 lalu, penghargaan itu diraih karena mampu melengkapi 2 parameter (tatanan) yang telah ditentukan.
Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik M. Si mengatakan atas peraihan penghargaan, Pemkot Cirebon diberi hadiah (kadedeuh) berupa uang operasional program kota sehat sebesar Rp 20 juta. Dedi menuturkan beberapa forum kota sehat yang dibentuk di lingkungan masyarakat Kota Cirebon cukup efektif dalam upaya meningkatkan kesadaran pola hidup sehat bersama masyarakat.
“Penghargaan ini merupakan hasil kerjasama yang baik Pemkot Cirebon dan masyarakat,” katanya, Rabu (11/4).
Pada saat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon melalui dr. Hj. Sri Laelan Erwani selaku Kabid Kesmas mengungkapkan setelah peraihan penghargaan Swasti Saba Wiwerda ini pihaknya menargetkan meraih penghargaan kota sehat Swasti Saba Wistara dengan jumlah 6 tatanan (parameter).
“Keempat tatanan Swasti Saba Wiwerda diantaranya adalah tatanan perumahan permukiman, tatanan perkantoran dan tatanan pangan,” ujarnya.
Sementara itu, Asisten Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Sosial Pemprov Jawa Barat, Koesmayadi Tatang menambahkan atas peraihan penghargaan Swasti Saba oleh 20 kota dan kabupaten di Jabar ini diharapkan dapat memicu 7 kota lainnya untuk meraih penghargaan serupa.
“Provinsi Jawa Barat dinobatkan sebagai Provinsi Sehat, peraihan itu tidak terlepas dari keberhasilan membina kota dan kabupaten yang ada,” tambahnya. (CB01)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here