Calon Walikota Cirebon, Bamunas S. Boediman menyapa warga Pulasaren, Rabu (11/4).

CIREBONBAGUS.COM- Keberadaan dan penghasilan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapat respon serta perhatian dari Calon Wali Kota Cirebon, Bamunas S. Boediman. Saat ini guru PAUD ternyata masih kurang mendapat perhatian Pemerintah.

Salah seorang seorang guru PAUD, Laela mengatakan, saat ini pemerintah belum memberikan perhatian khusus kepada para pendidik, terutama di lembaga PAUD yang statusnya honorer. Pemerintah hanya menyalurkan uang sebesar Rp 350 ribu setiap tiga bulan sekali untuk satu lembaga PAUD.

“Pak Oki tolong nasib kami yang belum mendapat perhatian. Padahal kami harus mengajar ke siswa yang tentunya menjadi cikal bakal harapan bangsa. Hanya semangat dan keikhlasan saja yang membuat kami bertahan,” ungkap Laela ke Bamunas saat menyapa warga di RW 01 Pulasaren Timur Kelurahan Pulasaren Kecamatan Pekalipan, Rabu (11/4).

Laela menambahkan guru honorer ternyata hanya diberikan penghasilan ala kadarnya. Hal ini pula yang membuat mereka ingin disejajarkan dengan pegawai negeri sipil (PNS). “Kalau tidak sma juga minimalnya naik pak,” kata Laela.

Dalam kunjungan tersebut juga Bamunas banyak mendapat masukan dari masyarakat terutama di daerah Pulasaren yang terhitung padat. Kehadiran Bamunas juga mandapat respon dari masyarakat sekitar.

Menanggapi keluhan yang disampaikan salahsatu warga tersebut, Calon Wali Kota Cirebon nomor urut satu, Bamunas mengatakan bahwa pemerintah wajib memenuhi kebutuhan pendidikan, termasuk di dalamnya kesejahteraan para tenaga pendidik juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

“Guru atau siapapun harus dapat honor yang sepadan. Insya Allah jika saya terpilih nanti, kita perbaiki persoalan penghasilan guru honorer karena jika itu diperbaiki tentu akan berdampak positif pada proses pendidikan di Kota Cirebon. Kalau gurunya berkualitas pendidikan juga akan meningkat,” ungkap Bamunas.

Salahsatu konsep yang sudah dipikirkannya, diungkapkan Bamunas, jika memang APBD yang ada tidak mencukupi untuk meningkatkan kesejahteraan guru Paud, serta honorer pada umumnya, maka Pemerintah Kota harus lebih giat untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Bagaimana pemerintah kedepan bisa meningkatkan PAD, kemudian diarahkan ke sektor pendidikan untuk memperhatikan para guru-guru Paud. Jadi antara menekan cost atau meningkatkan pendapatan untuk kita arahkan kesana,” ujar Bamunas.

Bamunas menambahkan ada beberapa sector yang belum tergali secara maksimal antara lain pajak. Pihaknya tentu akan meningkatkan PAD Kota Cirebon sehingga berusaha mensejahterakan masyarakatnya. (CB01)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here