Ketua PWI Jawa Barat, Mirza Zulhadi (tiga dari kanan/bahu putih) berbincang langsung dengan peserta operasi katarak, Sabtu (13/1), di RSUD Cikalong Wetang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

CIREBONBAGUS.COM- Rangakaian Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat menggelar operasi katarak gratis. Sebanyak 55 pasien menjalani operasi katarak gratis yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Barat 2018, Sabtu (13/1/2018), di RSUD Cikalong Wetang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kegiatan bakti sosial ini diselenggarakan PWI Jawa Barat bekerja sama dengan  Pemkab Bandung Barat, Perdami (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia) RS Mata Cicendo, PWI Kab. Bandung Barat, dan IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia).

“Jumlah pasien yang mendaftar 123 orang, tetapi yang lolos tahap screaning untuk menjalani operasi sebanyak 55 orang. Sebenarnya 57 orang, tetapi dua orang pulang dan tidak menjalani operasi,” katanya Ketua HPN 2018 PWI Jawa Barat, Dedy Suhaeri ketika ditemui di sela-sela pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak ini mendapat perhatian Asisten Administrasi Umum Pemkab Bandung Barat,  Agustin Piryanti dan Direktur Utama (Dirut) RSUD Cikalong Wetan, Ridwan Abdullah Putra. Didampingi  Ketua PWI Jawa Barat Mirza Zulhadi, Ketua Panitia HPN 2018 PW Jawa Barat Dedy Suhaeri, Ketua Ikwi Jawa Barat Yani Roosdiana Mirza , dan Ketua PWI KBB Heni Suhaeni, keduanya melihat jalannya kegiatan, mulai dari tahap screaning, operasi, hingga pascaoperasi.

Dirut RSUD Cikalong Wetan, Ridwan Abdullah Putra mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan yang digagas oleh PWI Jawa Barat tersebut. “Alhamdulillah banyak masyarakat yang mengikuti kegiatan ini,” ungkap Ridwan saat mengunjungi pasien.

Ia berharap, kegiatan serupa bisa dilaksanakan kembali karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan. “Mudah-mudahan kedepannya kita bisa bekerja sama lagi untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Ridwan pun berterima kasih kepada PWI Jawa Barat yang telah menjadikan RSUD Cikalong Wetan sebagai lokasi bakti sosial operasi katarak. “Kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan RSUD Cikalong Wetan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PWI Jawa Barat, Mirza Zulhadi mengatakan, bakti sosial operasi katarak merupakan satu rangkaian kegiatan memperingati HPN 2018 Jawa Barat. “Operasi katarak ini mengawali rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan PWI Jawa Barat dalam rangka memperingati HPN 2018,” kata Mirza.

Selain operasi katarak, lanjut Mirza, kegiatan lainnya adalah lomba renang, Porwada (Pekan Olahraga Wartawan Daerah) yang diikuti wartawan se-Jawa Barat, penerbitan “Buku Putih PWI Jawa Barat”, penyerahan penghargaan, diskusi, dan malam puncak peringatan HPN 2018. “Untuk puncak peringatan HPN tingkat nasional akan diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat pada 9 Februari,” kata Mirza.

Terkait pelaksanaan bakti sosial operasi katarak, Mirza menyatakan kegembiraannya melihat sabuatan masyarakat yang begitu besar. “Ternyata sambutannya sangat bagus, masyarakat yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak. Tadi saya sempat ngobrol dengan pasien, ada yang sudah datang ke RSUD Cikalong Wetan sejak pukul 05.00 wib,” katanya.

Mirza berharap, kedepan PWI Jawa Barat bisa kembali menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti operasi katarak gratis. “Mudah-mudahan PWI mempunyai kesempatan lagi untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama untuk menyelenggarakan kegiatan bakti sosial ini,” paparnya. (Ril/CB01)

 

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here