Bunda Fifi sedang melihat Situs Pedati Gede yang berusia ratusan tahun.

CIREBONBAGUS.COM- Dalam meningkatkan pariwisata dan mempertahankan kebudayaan dibutuhkan upaya menjaga berbagai kegiatan budaya diantaranya sedekah bumi. Sedekah bumi Pedati Gede Pekalangan juga salah satu kegiatan yang harus dilestarikan.

Demikian diungkapkan Hj. Fifi Sofiyah Effendi atau Bunda Fifi saat mengikuti kegiatan sedekah Bumi situs Pedati Gede, Jumat (20/10) lalu. Bunda Fifi mengatakan pihaknya merespon panitia untuk menghadiri acara tersebut karena ingin menjaga kebudayaan di Kota Cirebon. budaya masyarakat Cirebon sangat layak untuk dijual sebagai bagian pariwisata.

“Sedekah Bumi Pedati Gede terus dilakukan setiap tahun sehingga masyarakatnya saat ini menjaga tradisi dan kebudayaan. Marilah kita menjaga kebudayaan yang ada,” ungkap Bunda Fifi.

Bunda Fifi menambahkan potensi tersebut dinilai berharga untuk terus dijaga dan dikembangkan lebih lanjut. Ia menerangkan di mana, kesenian tari tradisional juga ada seperti pagelaran wayang kulit yang sudah banyak ditinggalkan masyarakat modern.

Masyarakat di sekitar Pekalangan menyambut kehadiran Bunda Fifi dan mengelukan kehadiran Ketua Baitul Ilmi tersebut. (CB01)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here