Danrem 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin (tengah) sedang melihat kegiatan donor darah sukarela di Makorem, Se;lasa (24/10).

CIREBONBAGUS.COM- Korem 063/Sunan Gunung Jati (SGJ) berhasil mengumpulkan sedikitnya 1.700 labu darah pada bhakti social di Makorem setempat, Selasa (24/10). Hal ini membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan mendorong agar muncul pendonor sukarela.

Kegiatan dalam rangka HUT Ke-72 TNI tersebut berhasil melampaui target sebanyak 1.000 labu darah. Donor darah diikuti hampir 2 ribu pendonor dari beragam elemen di Wilayah Cirebon yang terdiri dari empat daerah, yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Tampak Danrem 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin hadir di tengah-tengah kegiatan mengaku puas. Sebagian pendonor sendiri merupakan anggota TNI, sedangkan lainnya terdiri dari Polri, pelajar, mahasiswa, dan sebagainya.

“Awalnya kami akan mencatatkan ini di rekor Muri bila berhasil meraih lebih dari 1.000 labu darah. Tapi, kami lebih mengedepankan rasa kemanusiaan yang menyumbang sehingga tidak jadi mengundang Rekor Muri,” ungkap Sudijanto kepada sejumlah wartawan.

Sudijanto menambahkan pihaknya berharap jueteru timbul kesadaran masyarakat untuk menyumbang darahnya. Karena setiap hari banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Tak hanya dapat membantu sesama, donor darah pula sejatinya bermanfaat bagi kesehatan pribadi pendonor.

“Pihak rumah sakit dan PMI terus dilanda kesulitan memenuhi kebutuhan darah tersebut,” tandasnya.

Sementara, Kepala UTD PMI Kabupaten Majalengka, Neneng Ari Latifah menyebutkan, rata-rata kebutuhan atas darah mencapai 1.200-1.400 labu per bulan. Namun, ketersediaan darah rata-rata hanya 1.000 labu/bulan.

“Kami selalu kesulitan untuk memenuhi kebutuhan darah. Kami kira dengan berbagai kegiatan donor darah sukarela ini sangat membantu,” kata Neneng. (CB01)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here