Sejumlah peserta sedang membidik sasaran pada lomba panah Tradisional di Alun-Alun Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (16/9).

CIREBONBAGUS.COM- Ramaikan Festival Keraton Nusantara, sekitar 40 peserta mengikuti lomba panahan tradisional di Alun-Alun Keraton Kasepuhan, Sabtu (16/9). Para atlet beberapa mewakili keraton dan sebagian juga dari pehoby yang datang dari berbagai daerah.

Mereka ikut lomba panahan tradisional untuk melestarikan budaya memanah yang sudah semakin jarang ditemukan. Dalam kegiatan tersebut diawali oleh Sultan Sepuh Kasepuhan XIV, PRA Arief Natadiningrat dan sejumlah raja serta Sultan ikut membuka lomba panah.

“Kami ingin melestarikan budaya yang sudah jarang yakni panah tradisional. Semoga ini akan merangsang generasi muda suka dengan lomba panahan tradisional,” ungkap Sultan Arief.

Tampak sejumlah pemanah serius ikut lomba panahan tersebut. Ada sejumlah pemanah wanita yang mewakili pehoby. Beberapa pemanah juga datang unjuk kebolehan dalam lomba tersebut. Para warga pun ikut memadati ingin melihat lomba tersebut.

“Selama ini kita hanya melihat panahan modern. Tentu ketika ada lomba panahan tradisional ingin melihatnya,” ungkap wisatawan dari Jakarta, Ari.

Ari menambahkan dia sengaja dengan keluarga ingin melihat FKN XI yang ada di Kota Cirebon. Dia melihat banyak pengetahuan yang diperoleh sejak melihat kirab Keraton hingga pameran benda pusaka dan lomba panahan tradisional.

“FKN menjaga budaya bangsa yang semakin pudar dimakan jaman,” tandasnya. (CB01)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here